KOMPUTER
SEBAGAI PERALATAN PEMECAHAN MASALAH
Komputer
sekarang sangat berbeda dengan model awalnya.
• Penyimpanan
komputer (computer storage) ada dalam
dua bentuk
dasar, yaitu
primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan
teknologi integrated circuit untuk menyediakan random access
memory (RAM),
read-only memory (ROM) dan cache memory.
• Keyboard
adalah unit input komputer yang paling popular, dan
efisiensinya
telah ditingkatkan dengan alat penunjung (pointing device).
Input suara
yang diharapkan sebagai solusi masalah
input, ternyata
tidak sesuai
harapan.
• Output
dapat dihasilkan melalui printer, plotter, microform.
• Perangkat
lunak dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu
sistem dan
aplikasi. Perangkat lunak sistem meliputi sistem operasi,
program
utility, dan penerjemah. Perangkat lunak aplikasi dapat
dibuat oleh
spesialis informasi atau dibeli dalam bentuk jadi.
Perangkat
lunak jadi (prewritter software) ada
dalam empat jenis
utama–bisnis
umum, khusus industri, produktivitas organizational
dan
produktivitas personal.
1. Komputer
sebagai Elemen Jasa Informasi
Komputer ada
dalam berbagai ukuran :
• Komputer
besar (mainframe), merupakan tulang
punggung
pengolahan
data untuk organisasi besar seperti pemerintahan.
Mainframe
yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer.
• Sekarang,
sejak tahun 1970-an, trend mengarah ke komputer kecil,
dimulai
dengan minicomputer (komputer mini), contoh: IBM AS/400.
• Komputer
yang lebih kecil adalah komputer mikro (microcomputer),
sebagian
besar sirkuit komputer mikro berbentuk silicon integrated
circuit
chip, yang lebih kecil dari kuku. Chip
ini disebut
microprocessor.
• Belakangan
muncul small business computer dan komputer
personal-PC. Small computer business adalah komputer mini atau
mikro
multi-user yang biasa terdapat pada perusahaan kecil, yang
memberikan
dukungan perhitungan bagi seluruh perusahaan.
Komputer
personal (PC) adalah mikro komputer yang digunakan
oleh satu
orang, atau mungkin sedikit orang yang bekerja pada area
yang sama. 35
• Ada
pula laptop, notebook, dan
palmtop. Ini merupakan PC yang
lebih kecil
bertenaga baterai.
• Komputer
yang lebih kecil lagi adalah pen
computer, yang
berkemampuan
menerima input yang ditulis pada layar dengan
pena khusus.
2. Arsitektur
Komputer
Central Processing Unit
(CPU)
Unit
penyimpanan
sekunder
(Secondary
storage)
• CPU =
mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan
mengubah
input menjadi output.
• Penyimpanan
primer, biasa disebut main memory, berisi data yang
sedang diolah
dan program.
• Unit
pengendali : membuat semua unit bekerjasama sebagai suatu
sistem.
• ALU =
adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan
logika.
Nama processor digunakan untuk menggambarkan unit
pengendali
dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer.
• Penyimpanan
sekunder : menyediakan tempat untuk menyimpan
program dan
data saat tidak dipakai. Data yang disimpan disebut
database.
Unit
pengendali
(Control
unit)
Unit
penyimpanan
primer
(Primary
storage)
Arithmatic
and logic
unit (ALU)
Data
input
Informasi
output
Penyimpanan
Primer
Komputer
pertama menggunakan “magnetic drum” dan “magnetic core”
untuk
penyimpanan primer. Core merupakan potongan logam kecil
menyerupai
donat sebesar kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawatkawat yang membentang
melalui core mengubah medan magnet dan
menentukan
status magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan
yang terbuat
dari integrated circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bit dan Byte
Kapasitas
penyimpanan integrated circuit diukur dalam megabyte (MB)
atau jutaan
bit data. Satu bit adalah satu posisi penyimpanan
elektronik,
yaitu nyala atau
mati dan kombinasi dari bit-bit
membentuk
satu byte atau satu karakter. Dengan demikian kilobyte
(KB) = 1000
byte = 1024 byte. Oleh karena itu 1
megabyte (MB) =
1.024 x 1.024
= 1.048.576 byte.
Berbagai
Bentuk Penyimpanan Primer
Random Access
Memory (RAM), merupakan nama yang
diberikan
kepada
integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan
primer untuk
menyimpan perangkat lunak dan
data. RAM
memungkinkan
operasi baca maupun tulis tetapi mudah
hilang
(volatile)
saat daya listrik dimatikan.
Read-Only
Memory (ROM), suatu jenis khusus
penyimpan primer
dapat dibaca
tetapi tidak dapat ditulisi. ROM digunakan untuk
menyimpan
material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan
komputer apa
yang harus dilakukan saat dinyalakan.
ROM bersifat
tidak mudah
hilang (non volatile).
Cache
Memory, perpindahan instruksi program
dan data antara
penyimpanan
primer dan processor (unit pengendali dan ALU) dicapai
pada
kecepatan yang sangat tinggi, biasanya 50
nanosecond. Satu
nanosecond =
satu per milyar dari 1 detik. Beberapa komputer mampu
memindahkan
lebih cepat dengan tambahan RAM. RAM ini disebut
Cache Memory.
3. Ergonomika
Penggunaan Komputer
Ergonomika adalah penelitian mengenai pengaruh fisik dan
prilaku
dari
objek-objek seperti komputer dan peralatan kantor terhadap
pemakainya.
Istilah human engineering dan
pertimbangan faktor
manusia
(human factor consideration) sangat
cocok jika berkaitan
dengan
penggunaan komputer.
Saran-saran
ergonomis untuk penggunaan komputer :
1) Sesuaikan
tinggi kursi anda sehingga telapak kaki anda pada lantai.
2) Posisikan
keyboard anda sehingga siku anda sama tinggi dengan
keyboard dan
pergelangan tangan anda sedikit atau tidak tertekuk.
3) Aturlah
monitor komputer sehingga bagian atas layar berada pada
atau sedikit
di bawah mata.
4) Posisikan
layar anda sehingga tidak memantulkan sinar ke mata
anda.
5) Jaga agar
layar tetap bersih.
6) Pastikan
bahwa pengendali kecerahan dan kontras layar anda telah
disesuaikan
dengan tepat.
7) Tempatkan
pinter laser di area yang berventilasi baik dan pastikan
printer
tersebut mendapatkan pemeliharaan teratur.
8) Selingi
bekerja di komputer dengan tugas-tugas yang menggunakan
otot-otot
yang berlainan.
9) Seringlah
beristirahat sejenak dan gerak-gerakkan badan anda.
10) Kunjungi
ahli kesehatan jika anda mengalami sakit yang terus
menerus saat
menggunakan komputer.
Unit
Input
Ada 5 cara
dasar memasukkan data, yaitu :
• Keyboard,
unit ini paling popular digunakan untuk memasukkan
data dengan
menekan tombol-tombol. Sebagian keyboard
dilengkapi: numeric keypad (tombol-tombol yang diatur seperti
kalkulator
saku), tanda panah (cursor control keys) untuk
memindahkan
kursor, dan tombol-tombol fungsi yang
menjalankan
tugas tertentu bagi pemakai, tergantung perangkat
lunaknya. Cursor
adalah tombol kecil di layar untuk menunjuk
sesuatu.
• Alat
Penunjuk
Beberapa alat
penunjuk adalah: mouse, trackable, touch srceen,
light pen,
dan unit remote control.
• Alat Input
Otomatisasi Data Sumber
Sejumlah
perusahaan telah mengurangi antrian input
dengan
menggunakan
otomatisasi data sumber (source data automation –
SDA). Ada dua
teknologi dasar, yaitu: pembacaan optis (optical
reading) dan
pembacaan magnetis (magnetic reading). Ada beberapa
kelas unit
pembaca optis: optical mark reader, barcode reader,
optical
character reader, dan handprint reader. Bentuk otomatisasi
data pertama
untuk pembaca magnetis adalah “magnetic ink
character
recognition”.
• Alat Input
Pengenal suara.
Unit input
ini dapat digambarkan sebagai berikut:
Alat keyboard
Alat pengenal
suara
Komputer
Alat penunjuk
11312329
Alat pembaca
magnetis
04300950654
Alat pembaca
optis
Unit output
dapat digambarkan sebagai berikut:
Komputer
Alat output
tampilan
Printer
Alat output
suara
[1]
Plotter
Microform
narasumber : http://www.smecda.com/e-book/SIM/Simbab6.pdf
Tidak ada komentar:
Posting Komentar