Selasa, 16 Oktober 2012

Komputer Sebagai Pemecah Masalah



KOMPUTER SEBAGAI PERALATAN PEMECAHAN MASALAH


Komputer sekarang sangat berbeda dengan model awalnya.
• Penyimpanan komputer  (computer storage) ada dalam dua bentuk
dasar, yaitu primer dan sekunder. Penyimpanan primer menggunakan
teknologi  integrated circuit  untuk menyediakan  random access
memory (RAM), read-only memory (ROM) dan cache memory.
• Keyboard adalah unit input komputer yang paling popular, dan
efisiensinya telah ditingkatkan dengan alat penunjung (pointing device).
Input suara yang diharapkan sebagai solusi masalah  input, ternyata
tidak sesuai harapan.
• Output dapat dihasilkan melalui printer, plotter, microform.
• Perangkat lunak dapat dibagi menjadi dua kategori utama, yaitu
sistem dan aplikasi. Perangkat lunak sistem meliputi sistem operasi,
program utility, dan penerjemah. Perangkat lunak aplikasi dapat
dibuat oleh spesialis informasi atau dibeli dalam bentuk jadi.
Perangkat lunak jadi  (prewritter software) ada dalam empat jenis
utama–bisnis umum, khusus industri, produktivitas organizational
dan produktivitas personal.
1. Komputer sebagai Elemen Jasa Informasi
Komputer ada dalam berbagai ukuran :
• Komputer besar  (mainframe), merupakan tulang punggung
pengolahan data untuk organisasi besar seperti pemerintahan.
Mainframe yang lebih besar dan penuh daya adalah supercomputer.
• Sekarang, sejak tahun 1970-an, trend mengarah ke komputer kecil,
dimulai dengan minicomputer (komputer mini), contoh: IBM AS/400.
• Komputer yang lebih kecil adalah komputer mikro (microcomputer),
sebagian besar sirkuit komputer mikro berbentuk silicon integrated
circuit chip,  yang lebih kecil dari kuku. Chip ini disebut
microprocessor.
• Belakangan muncul  small business computer  dan komputer
personal-PC.  Small computer business  adalah komputer mini atau
mikro multi-user yang biasa terdapat pada perusahaan kecil, yang
memberikan dukungan perhitungan bagi seluruh perusahaan.
Komputer personal (PC) adalah mikro komputer yang digunakan
oleh satu orang, atau mungkin sedikit orang yang bekerja pada area
yang sama. 35
• Ada pula  laptop, notebook,  dan  palmtop. Ini merupakan PC yang
lebih kecil bertenaga baterai.
• Komputer yang lebih kecil lagi adalah  pen computer, yang
berkemampuan menerima input yang ditulis pada layar dengan
pena khusus.
2. Arsitektur Komputer
     Central Processing Unit
   (CPU)
       Unit
penyimpanan
   sekunder
  (Secondary
    storage)
• CPU = mengendalikan semua unit sistem komputer yang lain dan
mengubah input menjadi output.
• Penyimpanan primer, biasa disebut main memory, berisi data yang
sedang diolah dan program.
• Unit pengendali : membuat semua unit bekerjasama sebagai suatu
sistem.
• ALU = adalah tempat berlangsungnya operasi perhitungan dan
logika. Nama  processor  digunakan untuk menggambarkan  unit
pengendali dan ALU yang mengolah isi penyimpanan primer.
• Penyimpanan sekunder : menyediakan tempat untuk menyimpan
program dan data saat tidak dipakai. Data yang disimpan disebut
database.
Unit pengendali
(Control unit)
Unit penyimpanan
primer (Primary
storage)
Arithmatic and logic
unit (ALU)
Data
input
Informasi
output
Penyimpanan Primer
Komputer pertama menggunakan “magnetic drum” dan “magnetic core”
untuk penyimpanan primer.  Core  merupakan potongan logam kecil
menyerupai donat sebesar kepala jarum yang mudah dimagnet. Kawatkawat yang membentang melalui core mengubah medan magnet dan
menentukan status magnetiknya. Sejak tahun 1964, penyimpanan
yang terbuat dari integrated circuit mulai menggantikan drum dan core.
Bit dan Byte
Kapasitas penyimpanan integrated circuit diukur dalam megabyte (MB)
atau jutaan bit data. Satu  bit  adalah satu posisi penyimpanan
elektronik, yaitu  nyala  atau  mati dan kombinasi dari bit-bit
membentuk satu  byte  atau satu karakter. Dengan demikian  kilobyte
(KB) = 1000 byte = 1024 byte. Oleh karena itu 1  megabyte  (MB) =      
1.024 x 1.024 = 1.048.576 byte.
Berbagai Bentuk Penyimpanan Primer
Random Access Memory  (RAM), merupakan nama yang diberikan
kepada integrated circuit yang berfungsi sebagai bagian penyimpanan
primer untuk menyimpan  perangkat lunak  dan  data. RAM
memungkinkan operasi baca maupun tulis tetapi  mudah hilang
(volatile) saat daya listrik dimatikan.
Read-Only Memory  (ROM), suatu jenis khusus penyimpan primer
dapat dibaca tetapi tidak dapat ditulisi. ROM digunakan untuk
menyimpan material seperti instruksi-instruksi yang memberitahukan
komputer apa yang harus dilakukan saat dinyalakan.  ROM bersifat
tidak mudah hilang (non volatile).
Cache Memory,  perpindahan instruksi program dan data antara
penyimpanan primer dan processor (unit pengendali dan ALU) dicapai
pada kecepatan yang sangat tinggi, biasanya 50  nanosecond.  Satu
nanosecond = satu per milyar dari 1 detik. Beberapa komputer mampu
memindahkan lebih cepat dengan tambahan RAM. RAM ini disebut
Cache Memory.
3. Ergonomika Penggunaan Komputer
Ergonomika  adalah penelitian mengenai pengaruh fisik dan prilaku
dari objek-objek seperti komputer dan peralatan kantor terhadap
pemakainya. Istilah  human engineering  dan  pertimbangan faktor
manusia (human factor consideration)  sangat cocok jika berkaitan
dengan penggunaan komputer.
Saran-saran ergonomis untuk penggunaan komputer :
1) Sesuaikan tinggi kursi anda sehingga telapak kaki anda pada lantai.
2) Posisikan keyboard anda sehingga siku anda sama tinggi dengan
keyboard dan pergelangan tangan anda sedikit atau tidak tertekuk.
3) Aturlah monitor komputer sehingga bagian atas layar berada pada
atau sedikit di bawah mata.
4) Posisikan layar anda sehingga tidak memantulkan sinar ke mata
anda.
5) Jaga agar layar tetap bersih.
6) Pastikan bahwa pengendali kecerahan dan kontras layar anda telah
disesuaikan dengan tepat.
7) Tempatkan pinter laser di area yang berventilasi baik dan pastikan
printer tersebut mendapatkan pemeliharaan teratur.
8) Selingi bekerja di komputer dengan tugas-tugas yang menggunakan
otot-otot yang berlainan.
9) Seringlah beristirahat sejenak dan gerak-gerakkan badan anda.
10) Kunjungi ahli kesehatan jika anda mengalami sakit yang terus
menerus saat menggunakan komputer.
Unit Input 
Ada 5 cara dasar memasukkan data, yaitu :
• Keyboard, unit ini paling popular digunakan untuk memasukkan
data dengan menekan tombol-tombol. Sebagian keyboard
dilengkapi:  numeric keypad  (tombol-tombol yang diatur seperti
kalkulator saku),  tanda panah  (cursor control keys)  untuk
memindahkan kursor, dan  tombol-tombol fungsi yang
menjalankan tugas tertentu bagi pemakai, tergantung perangkat
lunaknya.  Cursor  adalah tombol kecil di layar untuk menunjuk
sesuatu.
• Alat Penunjuk
Beberapa alat penunjuk adalah: mouse, trackable, touch srceen,
light pen, dan unit remote control.
• Alat Input Otomatisasi Data Sumber
Sejumlah perusahaan telah mengurangi antrian input  dengan
menggunakan otomatisasi data sumber (source data automation –
SDA). Ada dua teknologi dasar, yaitu: pembacaan optis (optical
reading) dan pembacaan magnetis (magnetic reading). Ada beberapa
kelas unit pembaca optis: optical mark reader, barcode reader,
optical character reader, dan handprint reader. Bentuk otomatisasi
data pertama untuk pembaca magnetis adalah “magnetic ink
character recognition”.
• Alat Input Pengenal suara.
Unit input ini dapat digambarkan sebagai berikut:
 
Alat keyboard
Alat pengenal suara
Komputer
Alat penunjuk 
11312329  
Alat pembaca magnetis
04300950654
Alat pembaca optis
Unit output dapat digambarkan sebagai berikut:
Komputer
Alat output
tampilan
Printer
Alat output suara
[1]
Plotter
Microform


Tidak ada komentar:

Posting Komentar